0

Enter your keyword

What’s Next: Festival Literasi Litbeat 2019

What’s Next: Festival Literasi Litbeat 2019

What’s Next: Festival Literasi Litbeat 2019

Litbeat merupakan festival untuk para pelaku dan pecinta perbukuan. Ruang bersama bagi insan kreatif yang berkecimpung di dunia buku untuk saling belajar, bertukar gagasan, dan berbagi pengalaman. Berbagai isu terkait elemen-elemen yang membentuk ekosistem perbukuan akan dikemas dalam bentuk workshop, diskusi panel, seminar, talkshow, sharing session, dan performance. Dibahas oleh narasumber pengalaman dan kenamaan baik di Indonesia maupun mancanegara. Mereka adalah para Penulis, Penerbit, Editor, Ilustrator, Desainer, Komikus, Penerjemah, Literary Agent, Pengembang IP, dsb.

Setelah sukses menggelar acara perdananya tahun lalu, Litbeat hadir kembali dengan mengusung tema “What’s Next”. Acara yang dibentuk oleh Komite Buku Nasional (KBN) ini berlangsung selama dua hari, 2-3 September 2019 berlokasi di Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat.

 

Apa yang dimaksud dengan “What’s Next”?

Skema dalam dunia perbukuan tidak lagi sesederhana buku ditulis, dicetak, kemudian didistribusikan ke tangan pembaca. Membicarakan ekosistem perbukuan saat ini, mau tidak mau, harus membicarakan ekosistem industri kreatif lain berjalin kelindan membentuk suatu entitas yang lebih kompleks. Sebuah buku sangat mungkin mengalami transformasi, bertukar wahana dan rupa, meluas serta memperbanyak diri menjadi berbagai produk. Sebutlah misalnya novel menjadi film, puisi menjadi musik, komik ke animasi, merchandise, tv program, web series, dan berbagai IP lainnya. Bahkan banyak pelaku perbukuan yang sadar dan kemudian sedari awal mempersiapkan sebuah buku yang siap menjadi apa saja.

Selain sebagai industri, buku masih dipercaya sebagai medium yang berguna untuk mencerdaskan masyarakat. Oleh karena itu, banyak pihak baik itu swasta atau pemerintah mengambil peran dalam pengelolaannya. Dalam hal ini, buku terkait dengan regulasi, pajak, perizinan, distribusi atau buku sangat bergantung pada perpustakaan, gerakan masyarakat, atau aktivitas literasi lainnya. Litbeat 2019, dengan mengusung tema What’s Next, hendak meletakkan buku dalam arus transformasi, ekosistem industri kreatif yang lebih luas, serta keterkaitannya dengan berbagai elemen lain dalam pengelolaan dunia perbukuan.

 

Program Litbeat 2019

Hari 1

Hari 2