0

Enter your keyword

Daftar Buku Karya Haidar Bagir

Daftar Buku Karya Haidar Bagir

Daftar Buku Karya Haidar Bagir

Haidar Bagir adalah Direktur Utama Kelompok Mizan. Beliau lahir di Surakarta, 20 Februari 1957. Pak Haidar selama 9 tahun berturut-turut (2010-2019) terpilih sebagai salah satu dari 500 Muslim paling berpengaruh di dunia dari The Royal Islamic Strategic Studies Centre.

Sumbangsih Pak Haidar pada dunia Islam dan pendidikan sangat besar. Selain mendirikan Penerbit Mizan, Pak Haidar juga mengurus Yayasan Pendidikan Lazuardi dan Yayasan Sosial (Amal Khair Yasmin).

Pak Haidar juga mendirikan Gerakan Islam Cinta dan belum lama ini membuat Pesantren Tasawuf Virtual Nur al-Wala. Selain itu, Pak Haidar juga telah menghasilkan banyak sekali buku.

Apa saja buku yang telah ditulis oleh Haidar Bagir?

  1. Surga di Dunia, Surga di Akhirat: Kiat-kiat Praktis Merawat Perkawinan

 

Buku ini pantas dibaca, bukan saja oleh orang-orang muda yang akan menikah, melainkan bahkan tak kalah penting dibaca oleh suami-istri yang sedang berada di tengah-tengah pasang-surut kehidupan perkawinan.

  1. Buat Apa Shalat?! Kecuali Jika Anda Hendak Mendapatkan Kebahagiaan dan Ketenangan Hidup

 

Shalat, secara harfiah, berarti doa. Dalam konteks ini, yang dimaksud shalat adalah doa yang disampaikan dengan tata cara – syarat dan rukun – yang khas dalam bentuk bacaan-bacaan dan gerakan-gerakan tertentu.

 

 

 

  1. Mencari Islam

 

Buku ini memberikan akses kepada masyarakat bangsa kita, khususnya masyarakat Muslim, untuk melakukan dialog dengan kaum mudanya, dan sebaliknya. Lebih dari itu, juga memberikan akses untuk dialog antara kaum muda dengan dirinya sendiri.

 

 

 

 

  1. Buku Saku Filsafat Islam

 

Buku ini berusaha menyampaikan berbagai aspek filsafat Islam secara proporsional, ringkas, populer, dan mudah dipahami, tetapi sedapat mungkin juga cukup komprehensif dan tidak dangkal.

 

 

 

 

  1. Tentang Manajemen dan Manusia

 

Bisnis-yang sebelumnya (dianggap) dapat secara lebih baik diatur oleh egoisme, kepentingan pribadi, dan sikap-sikap asosial-kini mulai terbukti lebih membutuhkan sifat-sifat sosial agar dapat menjadi lebih kondusif. Yang perlu digarisbawahi adalah bahwa konsep baru ini dilahirkan bukan dari logika kemanusiaan yang tidak business-like, melainkan dari logika bisnis itu sendiri.

 

 

  1. Islam, Risalah Cinta dan Kebahagiaan

 

Buku ini merupakan hasil pengalaman dan renungan tentang Islam sebagai agama cinta dan kebahagiaan, yang dapat membantu pembaca utnuk merenung lebih jauh tentang makna hidupnya, dan juga menjadi penolong di sepanjang jalan kita—anak manusia—untuk meraih kebahagiaan sejati yang merupakan dambaan kita semua.

 

 

 

  1. Belajar Hidup dari Rumi

 

Jalaluddin Rumi (1207-1273) adalah penyair sufi Persia, salah satu yang mewakili puncak tertinggi khazanah sastra Islam. “Orang suci” dari Timur ini oleh UNESCO digambarkan sebagai  “seorang humanis, filosof, dan penyair besar milik semua umat manusia”.

 

 

 

 

  1. Mereguk Cinta Rumi: Serpihan-Serpihan Puisi Pelembut Jiwa

 

Buku Mereguk Cinta Rumi ini secara khusus memberikan perhatian pada perenungan Rumi tentang cinta, di samping tetap berbagi nasihat-nasihat sang penyair sufi untuk meraih kehidupan yang dapat menawarkan kebahagiaan sejati.

 

 

 

 

  1. Semesta Cinta Pengantar Kepada Pemikiran Ibn Arabi

 

Buku ini adalah pengantar kepada pemikiran-pemikiran yang mendalam dan luas bak samudra dari ’Arif yang satu ini. Selain mendapatkan gambaran umum dan relatif lebih mudah dipahami, mendalam, dan akurat, pembaca tetap dapat menikmati menu “Ibn ‘Arabi sehari-hari” yang dihidangkan di dalamnya.

 

 

 

  1. Islam Tuhan Islam Manusia

 

Tulisan-tulisan yang dirangkum dalam buku ini berbicara tentang tafsir agama dan bagaimana tafsir agama bisa diupayakan menjawab kebutuhan manusia, di zaman yang di dalamnya kita sekarang berada.

 

 

 

 

  1. Dari Allah Menuju Allah

 

Dalam buku ini, Haidar Bagir, menjelaskan secara ringkas, populer, dan sistematis prinsip-prinsip tasawuf melalui keindahan puisi-puisi Rumi.

 

 

 

 

  1. Epistemologi Tasawuf

 

Buku ini secara relatif populer memaparkan epistemologi dalam suatu aliran yang biasa disebut Isyrâqiyyah atau Hikmah, yang di dalamnya pengalaman tasawuf–yang biasanya dianggap tak terperikan (ineffable)-berusaha dipahami secara filosofis–rasional dan kemudian diekspresikan dalam bahasa (proposisional) logis biasa.

 

 

  1. Mengenal Tasawuf: Spiritualisme dalam Islam

 

Buku ini memaparkan tasawuf secara proporsional, ringkas, populer, dan mudah dipahami, tetapi sedapat mungkin juga cukup komprehensif dan tidak dangkal. Buku ini juga mempromosikan sejenis tasawuf positif–sebagai lawan tasawuf negatif atau eksesif–yang sejalan dengan prinsip cinta, akhlak, kebaikan, sikap proporsional terhadap kehidupan duniawi, rasionalitas, dan juga penghargaan terhadap sains.

 

 

  1. Memulihkan Sekolah Memulihkan Manusia

 

Kita baru bisa berharap sekolah akan lebih sesuai dengan bagaimana seharusnya sebuah institusi pendidikan atas manusia diselenggarakan jika secara terus-menerus kita mengkritiknya. Hanya dengan cara itu, dalam segala keterbatasannya, sekolah model sekarang bisa dipulihkan sebisanya sebagai tempat mendidik siswa agar dapat menjadi manusia-manusia yang merdeka, yang mampu memelihara atau bahkan dapat mengembangkan spiritualitasnya hingga setinggi-tingginya; yang dapat mencapai kebahagiaan karena kemampuannya menguasai diri, dan dalam kapasitasnya untuk memberikan kontribusi positif sebesar-besarnya bagi lingkungan tempat dia hidup dan berada.