0

Enter your keyword

Small Fry: Kisah Gadis Kesayangan Pendiri Apple Inc.

Small Fry: Kisah Gadis Kesayangan Pendiri Apple Inc.

Small Fry: Kisah Gadis Kesayangan Pendiri Apple Inc.

Small Fry – Lisa Brennan-Jobs

 

Kita mungkin sering membaca dan mendengar nama Steve Jobs, tapi tak ada yang lebih akurat menggambarkan sosok Steve Jobs selain yang ditulis Lisa Brennan-Jobs di dalam memoar terbarunya, Small Fry. Phillip Lopate (kritikus film, penulis Being with Children) bahkan mengungkapkan, “Tak satu pun buku atau film yang bisa menggambarkan Steve Jobs semanusiawi ini.”

Tujuh tahun setelah Steve Jobs tiada akibat kanker pankreas, Lisa Brennan-Jobs menghimpun keberanian untuk berbagi kisah hidupnya yang kontroversial lewat Small Fry, yang menurut New York Times ditulis dengan “indah sekaligus memilukan”. Tak heran bila, Small Fry terpilih dalam daftar 10 Buku Nonfiksi Terbaik 2018 versi New York Times dan menduduki daftar Buku Best-Seller sepanjang September 2018.

Small Fry mengisahkan perjalanan Lisa dari kecil hingga dewasa. Lewat buku Small Fry, pembaca diajak untuk menyelami perjalanan hidup Lisa yang sempat tak diakui oleh Steve Jobs sebagai putri kandungnya. Bahkan, Steve Jobs sempat mengatakan kepada majalah Time bahwa 28% populasi pria di Amerika Serikat bisa saja ayah kandung Lisa.

Small Fry pertama kali terbit dalam edisi bahasa Inggris pada September 2018. The New York Times menyebut Lisa sebagai penulis yang berbakat. Lisa terampil menulis kisahnya dengan indah, emosional, dan mengena. Meski mengisahkan sosok Steve Jobs, salah satu sosok paling relovusioner dan terkenal di di dunia, tapi Lisa meyakini bahwa kisah yang dialaminya bersama Steve Jobs merupakan kisah yang universal. Kisah tentang ayah dan anak gadisnya. Hubungan antara Steve Jobs dan Lisa begitu rumit. Terkadang Steve Jobs kejam, tak peduli, sinis dan menyebalkan. Namun, dalam beberapa kesempatan, Steve Jobs mampu menunjukkan sisi kebapakannya, sisi yang selalu dirindukan Lisa.

Julukan Steve Jobs kepada Lisa, Small Fry dipilih menjadi judul memoar yang tak biasa ini. Small Fry adalah sebutan bagi ikan kecil yang dilemparkan kembali ke laut oleh sang pemancing karena dianggap terlalu kecil dan besarnya belum mencapai besar minimal untuk bisa dipancing. Apa maksud dari julukan ini? Dan apa relevansinya sehingga dipilih oleh Lisa menjadi judul buku yang mengisahkan kehidupannya dengan sang ayah, Steve Jobs?

Bagaimana rasanya tak diakui oleh ayah sendiri? Bagaimana dampak psikologis yang dirasakan Lisa ketika segala upayanya untuk merebut perhatian sang ayah tak menghasilkan apa-apa? Dan bagaimana Lisa akhirnya mampu berdamai dan memaafkan sang ayah?

Small Fry, buku kontroversial yang mengisahkan gadis kesayangan pendiri Apple Inc. ini menyajikan sosok Steve Jobs yang tak banyak diketahui publik, seorang ayah, suami dan seorang manusia. Nantikan edisi Bahasa Indonesianya yang akan diterbitkan oleh Penerbit Qanita salah satu lini dari Mizan Publishing House.