0

Enter your keyword

Novel Andrea Hirata “Guru Aini” Telah Terbit

Novel Andrea Hirata “Guru Aini” Telah Terbit

Novel Andrea Hirata “Guru Aini” Telah Terbit

“Ini persamaan hidupku sekarang, Bu,” Desi menyodorkan buku catatan ke tengah meja. Bu Amanah, yang juga guru matematika, tersenyum getir melihat persamaan garis lurus dengan variabel-variabel yang didefinisikan sendiri oleh Desi, x1: pendidikan, x2: kecerdasan. Yang menarik perhatiannya adalah konstanta a: pengorbanan.

“Pendidikan memerlukan pengorbanan, Bu. Pengorbanan itu nilai tetap, konstan, tak boleh berubah”

Konon, berdasarkan penelitian antah berantah, umumnya idealisme anak muda yang baru tamat dari perguruan tinggi bertahan paling lama 4 bulan. Setelah itu mereka akan menjadi pengeluh, penggerutu, dan penyalah seperti banyak orang lainnya, lalu secara menyedihkan terseret arus deras sungai besar rutinitas dan basa-basi birokrasi lalu tunduk patuh pada sistem yang buruk.

Dalam kenyataan hidup seperti itu, seberapa jauh Desi berani mempertahankan idealismenya menjadi guru matematika di sekolah pelosok?

Itulah cuplikan cerita dari novel karya Andrea Hirata yang sebentar lagi terbit, Guru Aini. Buku ini digarap tanpa campur tangan editor sehingga bisa dikatakan bahwa buku Guru Aini murni hasil buah pikiran dan guratan tangan Pak Cik tiap kata per kata.

 

Guru Aini ini adalah prekuel dari novel Pak Cik sebelumnya, yaitu Orang-Orang Biasa. Seperti karya-karya Pak Cik lainnya, Guru Aini adalah sebuah novel yang bertema pendidikan, khususnya mengenai kesejahteraan guru.

 

Salman Faridi, CEO Bentang Pustaka mengulas secara khusus buku Guru Aini di akun twitternya:

“Karena Guru Aini masih dengan setting Belitong, kita seolah dapat mengantisipasi kisah-kisahnya. Akan tetapi Anda keliru. Bukan Andrea Hirata namanya kalau tidak menyimpan unsur kejutan.

Bayangkan bagaimana menariknya cita-cita seorang anak di pedalaman yang memilih menjadi guru matematika, ketika gurunya sendiri mendorong anak didiknya menjadi model!

Lewat Guru Aini, pembaca sekali lagi akan menemukan; cerita yang tersaji apik ibarat cinta yang tanpanya kita tak akan dapat hidup. Selamat berburu karya terbaru Andrea Hirata edisi preorder diimbuhi tanda tangan.”

 

Buku ini bisa didapatkan melalui preorder di mizanstore.

https://mizanstore.com/guru_aini_bonus_kartu_68090