0

Enter your keyword

PENGUMUMAN PENERIMA BEASISWA MIZAN 2020

PENGUMUMAN PENERIMA BEASISWA MIZAN 2020

Beasiswa Mizan adalah sebuah program tahunan yang ditujukan untuk para mahasiswa yang tengah menyelesaikan studi akhirnya, baik S1, S2, maupun S3. Tujuannya adalah untuk menyokong semangat kreatifitas dan kualitas berkarya para calon cendekia Indonesia.

Beasiswa Mizan kali ini sebenarnya adalah untuk gelombang tahun 2019, yang sedianya akan diumumkan di sekitar bulan Juni 2020. Akan tetapi terpaan pandemi Covid-19 telah mengubah banyak rencana, termasuk Beasiswa Mizan sehingga harus dijadwal ulang. Pada bulan November 2020 proses seleksi dimulai kembali, hingga penentuan pemenang di bulan Januari 2021. Adapun Dewan Juri kali ini adalah Zainal Abidin Bagir (CRCS Universitas Gadjah Mada), Nina Nurmila (UIN Sunan Gunung Djati), A. Moqsith Ghozali (UIN Syarif Hidayatullah), Putut Widjanarko (Mizan dan Universitas Paramadina), Ahmad Baiquni (Mizan) dan Azam Bakhtiar (Mizan).

Berikut adalah daftar nama Penerima Beasiswa Mizan 2020:

Program Sarjana

Emon Saputra dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta sebagai Penerima Beasiswa Mizan 2020 dan memperoleh uang sebesar Rp 15.000.000,- (lima belas juta rupiah) serta paket buku terbitan Kelompok Mizan selama 1 (satu) tahun.

 

Program Magister

Luthfi Ahsanudin dari Universitas Wahid Hasyim Semarang sebagai Penerima Beasiswa Mizan 2020  memperoleh uang sebesar Rp 20.000.000,- (dua puluh juta rupiah) dan paket buku terbitan Kelompok Mizan selama 1 (satu) tahun.

 

Program Doktoral

Abdul Muiz Amir, LC, M.Th.I dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta Penerima Beasiswa Mizan 2020 memperoleh uang sebesar Rp 25.000.000,- (dua puluh lima juta rupiah) dan paket buku terbitan Kelompok Mizan selama 1 (satu) tahun.

 

Di samping itu, terdapat bebeapa proposal penelitian yang mendapat perhatian khusus dari para Dewan Juri (honorable mention),  dan mendapat paket buku terbitan Kelompok Mizan selama 1 (satu) tahun, yaitu:

Program Sarjana (proposal skripsi)

Fina Syarifah  dari UIN Sunan Ampel Surabaya

Annisa Nur Indriyani dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Siti Sundari dari Universitas Teuku Umar, Aceh

M.Ikhsan dari Universitas Raden Fatah Palembang

Program Magister (proposal tesis)

Aulia Rakhmat dari International Islamic Universitas Malaysia

Siti Fitriatul Ulya dari Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (UNUSIA) Jakarta

Siti Raudhatul Hamdiyati dari Universitas Andalas

Makhfira Nuryanti dari UIN Ar Raniry Banda Aceh

Program Doktoral (proposal disertasi)

Dede Rodin dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung

Ilyas dari Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (UNUSIA) Jakarta

Akbar, M.Th.I dari Institut Agama Islam Negeri Kendari

Lutfi Basit dari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

 

Komentar Dewan Juri:

Saya mengagumi beragam topik yang dibahas di skripsi/tesis/disertasi yang diajukan dalam seleksi beasiswa Mizan dan saya merekomendasikan untuk dipublikasi dalam bentuk buku atau artikel di jurnal setelah selesai nanti. (Prof. Dra. Hj. Nina Nurmila, MA, PhD)

Proposal penelitian yang masuk ke dapur Mizan cukup beragam. Banyak yang memiliki unsur kebaruan dan mempunyai kontribusi besar terhadap pengembangan ilmu pengetahuan. Apa yang dilakukan Mizan ini cukup membanggakan; ikut membidani lahirnya karya kesarjanaan yang mengagumkan. — Dr. Abdul Moqsith Ghazali.

Proposal yang masuk untuk beasiswa Mizan, yang amat beragam topik dan pendekatannya, mencerminkan perkembangan studi Islam di Indonesia yang dinamis,  memanfaatkan pendekatan-penedekatan baru. Hanya beberapa orang yang terpilih sebagai pemenang, namun sesungguhnya tak sedikit yang menjanjikan penilitian yang berkualitas. Semoga Mizan dapan menjadi medium untuk memfasilitasi kemajuan studi Islam yang dinamis ini. — Zainal Abidin Bagir, Ph.D

Para pemenang akan dihubungi oleh pihak panitia melalui e-mail.

Selamat kepada para penerima Beasiswa Mizan 2020 dan sampai jumpa di Beasiswa Mizan berikutnya.