0

Enter your keyword

Digital Digest Edisi 4

7 Strategi Pemasaran Instagram Sesuai Algoritma 2019

 

Pada artikel sebelumnya kita telah memahami apa itu Algoritma dan bagaimana cara kerjanya di tahun 2019.

Bagi yang belum membaca, dapat mengunjungi artikel 

Sekarang, pasti Anda bertanya-tanya strategi pemasaran Instagram seperti apa yang harus dilakukan agar efektif dalam menghadapi algoritma 2019? Berikut beberapa tips yang dapat Anda coba.

 

Fokus pada relationship, bukan hanya reach

Kesetiaan dan keterlibatan followers saat ini menjadi amat penting, terutama karena hal tersebut dapat mengangkat posting Anda ke titik teratas feed.

Beberapa cara untuk menciptakan relationship lewat konten:

  • Mendorong followers untuk membagikan pemikiran mereka dan menciptakan kesempatan agar Anda dan followers dapat terlibat dalam percakapan
  • User-generated content (konten mengenai brand yang followers Anda posting). Selain akan memancing lebih banyak user-generated content lain hal ini juga akan memperbesar exposure brand Anda di Instagram
  • Post yang memancing engagement, misal jenis-jenis post “tag temanmu” atau kontes yang mendorong pengguna untuk meninggalkan komentar

Bagaimanapun juga Instagram adalah jejaring sosial, karenanya jangan lupa untuk melakukan aktivitas di luar profil anda sendiri.

 

Tinggalkan komentar pada post dari pengguna atau brand yang relevan

Meninggalkan komen lebih awal pada akun yang memiliki banyak followers akan membantu komentar (dengan demikian juga profile Anda) mendapat visibilitas yang tinggi. Pikirkan akun-akun yang kemungkinan diikuti oleh target audiens Anda, follow akun-akun tersebut, dan terlibatlah dalam percakapan. Beri komentar yang tulus dan beri nilai tambah, tunjukkan kepribadian brand Anda.

 

Terbitkan post pada waktu-waktu followers anda paling aktif

Gunakan sinyal peringkat ketepatan waktu sebagai kesempatan untuk meningkatkan interaksi dengan followers. Jika berhasil, Instagram akan melihat post Anda merupakan post yang cenderung disukai oleh followers. Lakukan posting saat kebanyakan followers Anda sedang aktif.

 

Tanggapi komentar saat masih baru

Pernahkah Anda memperhatikan banyak profil Instagram menanggapi sebanyak mungkin komentar? Itu karena hal tersebut meningkatkan peluang untuk mendapatkan lebih banyak engagement saat followers Anda sedang aktif, juga berpotensi mendapat semakin banyak komentar dari followers yang mungkin sekedar meninggalkan komentar “terima kasih” karena Anda menjawab pertanyaan.

 

Gunakan tagar untuk menjangkau pengguna aktif

Tagar di Instagram dapat membantu Anda meningkatkan reach dengan membantu Anda muncul dalam pencarian yang relevan. Agar taktik ini efektif, Anda harus memilih tagar yang ditelusuri audiens target Anda untuk menemukan konten dan pengguna lain.

Tagar komunitas sangat aktif — tagar ini mungkin tidak memiliki banyak postingan seperti tagar yang lebih populer, tetapi sudah diedarkan dan dicari melalui grup di Instagram yang ingin terhubung dengan orang lain yang tertarik dengan topik, gerakan, atau komunitas itu.

Jika berhasil Anda akan mendapat lebih banyak kunjungan profil, interaksi, dan potensi followers baru.

 

Perhatikan Direct Message

Popularitas direct message instagram saat ini tengah meningkat seiring dengan jumlah pengguna yang juga meningkat. Semakin banyak pengguna mengirimkan pesan pribadi atau bertanya lewat direct message.

Melalui direct message Anda mendapat kesempatan untuk membina hubungan personal, karena biasanya percakapan yang terjadi lebih panjang.

 

Gunakan Instagram Ads & Influencer untuk memperluas reach

Jika anda kesulitan mendapat reach lewat pendekatan organic, cara termudah adalah mendapat reach dengan memasang iklan di Instagram dan atau membayar Influencer agar melakukan promosi untuk Anda.

Tentu hal ini mengeluarkan biaya, namun hal ini adalah cara tercepat dan investasi yang baik.

 

Referensi:

https://blog.hootsuite.com/instagram-algorithm/

https://www.shopify.com/blog/instagram-algorithm