Artikel Image

Saturday, 25 May 2024

Oleh: admin Admin

Wednesday, 30 November 2022

Oleh: admin Admin

Bercerita Dengan Komik di Gramedia Bandung

 

Muffin Graphics bekerja sama dengan Gramedia Merdeka Bandung mengadakan event kunjungan wisata buku ke Gramedia dengan mengundang salah satu SD swasta di Bandung, yaitu SD Cerdas Qur’ani. 

 

Acara yang dilaksanakan pada hari Rabu, 28 September 2022 ini bertemakan “How to Draw Character” dalam acara rutin Bercerita dengan Komik, yang diadakan untuk memperkenalkan siswa-siswi SD Cerdas Qurani pada pembuatan komik, khususnya pembuatan karakter komik. Acara ini juga sekaligus ingin memberikan inspirasi bagi para siswa/siswi mengenai dunia kreatif, khususnya komik.

 

Bertempatan di Gramedia Merdeka, Jl. Merdeka No.43 Bandung, acara ini dimulai dengan penyambutan kedatangan SD Cerdas Qur’ani yang kemudian dilanjutkan dengan pembukaan. Acara makin meriah saat tim Gramedia Merdeka membawakan acara beberapa percobaan sains dengan mengajak siswa/siswi SD Cerdas Qur’ani untuk turut serta. 

 

Setelah percobaan sains, tibalah acara dari tim Muffin Graphics yaitu belajar membuat karakter. Dibuka oleh Kak Dudi dengan menjelaskan mengenai cara kirim naskah ke Komik Next G, acara dilanjutkan oleh Kak Aryo, tim komikus Muffin Graphics, untuk mengajarkan cara pembuatan karakter komik. 

 

Setelah acara tanya jawab dengan Kak Aryo, para siswa dan siswi SD Cerdas Qurani bergiliran mencoba membuat karakter yang dibimbing langsung oleh Kak Aryo. Hingga kemudian acara ditutup dengan tour toko Gramedia Merdeka, pokoknya seru banget, deh, acaranya!

 

 

Tentunya acara Bercerita dengan Komik ini banyak memiliki manfaat yang akan didapatkan oleh siswa-siswi tersebut. Dengan membuat komik, selain sang anak dapat menyalurkan kreativitas serta ide yang dapat digambarkan menjadi sebuah komik, tapi juga sang anak akan belajar bagaimana mengekspresikan sesuatu.

 

Seperti yang tertulis dalam buku Scott McCloud yang berjudul Understanding Comics, “ketika Anda memasuki dunia kartun, Anda melihat DIRI ANDA SENDIRI.” Sehingga dapat dipercaya itulah alasan mengapa di masa kanak-kanak terpesona pada kartun, selain beberapa faktor lain, seperti identitas diri yang universal, kesederhanaan, dan ciri khas anak-anak.

 

Maka pada semangat itulah Muffin Graphics rutin menjalankan acara Bercerita dengan Komik.

 

Share

share icon share icon share icon
Artikel Terpopuler