Artikel Image

Friday, 10 May 2024

Oleh: admin Admin

Thursday, 12 October 2023

Oleh: admin Admin

Haidar Bagir: 500 Tokoh Muslim Berpengaruh di dunia

 

Dr. Haidar Bagir kembali masuk ke dalam daftar 500 Tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia kategori “Philanthropy, Charity and Development” (Filantropi, Amal Bakti dan Pembangunan). Pengumuman ini secara resmi telah dirilis oleh The Royal Islamic Strategic Studies Centre (RISSC) dalam situs www.themuslim500.com.

Penghargaan ini bukanlah kali pertamanya diterima oleh Haidar Bagir, Ini adalah kali ke-15 beliau  masuk dalam 500 Tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia. Beliau telah berkontribusi dalam perkembangan Islam di Indonesia dan hingga kini masih terus aktif menulis dalam dunia literasi Islam bergenre sufisme. Adapun beberapa buku yang ditulis oleh Haidar Bagir, diantaranya Mengenal Tasawuf, Dari Allah Menuju Allah, Islam Religius, Agama Saintifik, Belajar Hidup dari Rumi, Memulihkan Sekolah Memulihkan Manusia, dan masih banyak lagi.

RISSC memilih 500 tokoh muslim paling berpengaruh di dunia yang diseleksi dan dikelompokkan berdasarkan 13 kategori, yaitu kalangan ilmu politik, administrasi hubungan keagamaan, pengkhotbah dan pemimpin spiritual, filantropi/dermawan, isu sosial, sains dan teknologi, seni dan budaya, pembaca Alquran, media, selebritas dan bintang olahraga, serta bidang ekstremisme.

Dalam situs themuslim500.com diterangkan bahwa persyaratan yang menjadi tolak ukur seseorang dapat menjadi tokoh paling berpengaruh merupakan gabungan dari matriks sosial, opini dan pandangan para ahli. Pengaruh yang diberikan bisa berupa pemahaman keyakinan yang biasa dilakukan pemuka agama serta dapat memberikan perubahan signifikan bagi kaum muslim yang ada di seluruh dunia.

 

 

Share

share icon share icon share icon
Artikel Terpopuler