Artikel Image

Thursday, 25 July 2024

Oleh: admin Admin

Sunday, 07 July 2024

Oleh: admin Admin

Kata yang Sering Disalahartikan

Kamu sering pakai kata emosi atau absen? Kira-kira udah benar belum penggunaannya? hehehe. Nah, kali ini kita akan bahas padanan kosakata yang sering kali salah. Jadi harus kamu ingat, yaa~

Emosi

Kata emosi lebih sering diartikan marah. Padahal menurut KBBI, emosi adalah keadaan dan reaksi psikologis dan fisiologis. Jadi, kegembiraan, kesedihan, keharuan, dan kecintaan juga termasuk emosi, ya.

sumber: covesia.com

Absen

Kata absen kerap kali digunakan sebagai kehadiran dan absensi digunakan sebagai tanda kehadiran. Padahal, absen berarti tidak hadir dan absensi berarti ketidakhadiran.

sumber: blog.hitechcomputer.co.id

Wacana

Wacana sering digunakan untuk menggambarkan rencana yang gagal terjadi. Sedangkan seharusnya, wacana diartikan komunikasi verbal, diskusi secara verbal, atau dalam bentuk novel, buku, artikel, pidato, dan khutbah.

Diet

Kata diet sering kali digunakan untuk mengatur pola makan demi menurunkan berat badan. Padahal di KBBI, diet berarti aturan makanan khusus untuk kesehatan atas petunjuk dokter.

sumber: jpnn.com

Acuh

Acuh selama ini banyak dipakai untuk arti tidak peduli. Padahal seharusnya acuh berarti peduli.

Nyinyir

Biasanya digunakan untuk orang yang sudah menyindir atau berkomentar pedas. Padahal, seharusnya nyinyir artinya mengulang-ulang perintah atau permintaan.

sumber: kompasiana.com

Nah, jadi sekarang jangan salah lagi, yaa. Pakai kata yang tepat agar artinya juga tepat, yaa

Share

share icon share icon share icon
Artikel Terpopuler