Artikel Image

Saturday, 18 May 2024

Oleh: admin Admin

Wednesday, 08 February 2023

Oleh: admin Admin

Kenapa Sulit Mengenalkan Baca Tulis Kepada Anak

Hai Ayah Bunda, setuju enggak kalau mengenalkan anak dengan kegiatan pramembaca dan menulis adalah salah satu tantangan tersendiri bagi para orangtua. Banyak orang tua yang ingin anaknya cepat bisa baca tulis, tapi langsung mengajarkan anak memegang pensil dan menyodorkan buku bacaan dengan banyak kata yang justru sangat tidak menarik perhatiannya.

Kenapa bisa begitu?

Karena ada satu yang mungkin kita sering lupakan, yaitu membangun kesadaran fonologis anak. Kesadaran fonologis adalah kemampuan seseorang yang berhubungan dengan kepekaan pada bahasa lisan. Fonologis sendiri adalah bagian dari tata bahasa yang mempelajari bunyi-bunyi bahasa.

Kesadaran fonologis merupakan salah satu keterampilan penting dalam kegiatan persiapan belajar baca dan tulis bagi anak usia dini. Jadi, saat membaca dan menulis anak akan lebih mudah membedakan kata-kata yang bunyinya mirip dalam satu kalimat.

Bagaimana cara menstimulasi kesadaran fonologis?

Salah satu stimulasi yang mudah dan dapat dilakukan adalah dengan mengenalkan anak pada buku yang dipenuhi dengan kata-kata berima. Mengapa? Teks berima mempunyai manfaat mempermudah penyerapan kosakata dan membantu kerja otak dalam mencerna bahasa.

Nah, jika anak sudah peka terhadap kata, mereka tentu akan lebih mudah menangkap arti dalam setiap kata dan bahasa yang ditemukan. Selanjutnya, proses mengenalkan mereka dengan kegiatan membaca dan menulis menjadi lebih mudah.

Buku seperti apa yang dapat menjadi pilihan?

Perhatikan contoh terakhir di setiap kalimat pada buku ini!

Setiap kata tereakhir sengaja dibuat mirip dan berima di setiap halaman cerita. Bahkan jika diperhatikan lagi, teks bahasa Inggrisnya pun dibuat berima agar anak lebih mudah mengenal kosakatanya.

Tambahan lainnya adalah dengan ilustrasi yang mendukung di setiap ceritanya. Hal ini tentu membuat anak makin senang untuk berlatih membaca.

Selain dengan buku, cara apalagi yang bisa digunakan?

Ayah-Bunda juga dapat menggunakan story card (Susun Ceritamu!). Dengan bermain story card, diharapan anak dapat belajar untuk menuliskan sendiri cerita sesuai dengan gambar yang dilihat. Jangan khawatir jika kemampuan menulis mereka masih berantakan, story card ini dirancang wipe and clean sehingga dapat ditulis dan dihapus berkali-kali.

Nah, untuk melengkapi stimulasi kesadaran fonologis si Kecil dan melatih kemampuan baca tulis mereka, Noura Kids hadir dengan produk membaca sekaligus bermain bernama Aesop’s Fables Read & Play. Ayah-Bunda sudah punya belum?

 

Share

share icon share icon share icon
Artikel Terpopuler