Artikel Image

Tuesday, 23 April 2024

Oleh: admin Admin

Tuesday, 02 May 2023

Oleh: admin Admin

Kiat Menjaga Semangat Setelah Ramadhan

 

unsplash.com/@mufidpwt

Ramadhan baru saja berakhir. Setelah melewati Ramadhan yang penuh berkah, ini saatnya untuk menjaga semangat Ramadhan. Meski cukup menantang, menjaga semangat setelah Ramadhan bukan hal yang tidak mungkin. Berikut ini adalah beberapa kiat yang bisa kamu lakukan untuk menjaga semangat Ramadhan:

1. Tetap Menjaga Ibadah

unsplash.com/@andri_helmansyah

Setelah membiasakan diri beribadah selama bulan Ramadhan, ada baiknya kamu tetap melanjutkan kebiasaan baik yang telah berjalan. Misalnya dengan tetap memperbanyak doa dan zikir. Selain itu, kebiasaan membaca Al-Qur'an atau mendengar murottal juga bisa menjadi kebiasaan baru yang patut dijaga.

2. Melanjutkan dengan Puasa Syawal

unsplash.com/@masjidmpd

Kamu juga bisa melanjutkan ibadah puasa dengan berpuasa selama 6 hari di bulan Syawal. Jika kamu masih memiliki hutang puasa, usahakan untuk membayarnya sesegera mungkin. Membayar hutang puasa dan melakukan puasa sunah di bulan Syawal akan terasa lebih mudah. Khususnya karena kamu telah memiliki kebiasaan bangun pagi untuk sahur dan tidak makan di siang hari.

3. Perbanyak Baca Buku yang Bermanfaat

 

Mengisi waktu dengan buku bacaan yang bermanfaat adalah pilihan menarik untuk menjadi lebih produktif. Kamu bisa membaca buku fiksi yang sarat makna atau buku non fiksi yang memiliki muatan agama atau pengembangan diri. 

Beberapa judul buku yang bisa kamu pertimbangan di antaranya “Ayah” karya Andrea Hirata, “Seni Merayu Tuhan” karya Husein Ja’far Al-Hadar, “The Lost Art of Scripture” karya Karen Armstrong, atau “Hello, Goodbye” karya Ditta Amelia. Buku-buku ini bisa kamu baca di saat senggang atau menunggu waktu berbuka puasa.

4. Membuat Jurnal atau Menulis

instagram.com/@maudyayunda

Selain membaca buku, menulis juga bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan di bulan Syawal. Kamu bisa membuat jurnal Syawal berisi perasaan, aktivitas, dan hal lain yang ingin kamu ingat. Selain menulis jurnal, membuat tulisan fiksi atau non fiksi juga bisa jadi pilihan kegiatan yang menarik. 

5. Mengingat Kembali Momen Indah Ramadhan

unsplash.com/@umarben

Terakhir, jangan lupa untuk mengingat kembali momen indah yang dilalui selama Ramadhan. Dengan begitu, kamu bisa merasakan lagi betapa istimewanya momen tersebut. Cara ini juga dapat membantu agar semangat Ramadhan tetap terjaga.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga semangat Ramadhan di bulan-bulan setelahnya. Jangan lupa untuk selalu bersyukur dan berupaya menjadi pribadi yang lebih baik setiap harinya.

 

Share

share icon share icon share icon
Artikel Terpopuler