Artikel Image

Friday, 23 February 2024

Oleh: admin Admin

Saturday, 08 January 2022

Oleh: admin Admin

Novel ‘Memang Jodoh’ Berkaitan dengan Kisah Siti Nurbaya?

Novel ‘Memang Jodoh’ Berkaitan dengan Kisah Fenomenal Sitti Nurbaya?

 

Sitti Nurbaya oh Sitti Nurbaya, kisahmu mashyur tak kenal zaman. Ngomongin kisah fenomenal Sitti Nurbaya, rasanya gak lengkap kalau kita belum bahas orang di balik kesuksesannya, yaitu Marah Rusli. Dalam novel Memang Jodoh ini, ia juga membuat karya semi-autobiografi dirinya yang diwasiatkan kepada ahli warisnya untuk diterbitkan, setelah ia tutup usia.

 

Karya yang sudah terpendam 50 tahun lebih

Dikarenakan semua karakter di dalam novel adalah karakter asli, maka dibuatlah wasiat kepada ahli warisnya agar novel ini bisa diterbitkan ketika semua karakter yang ada di dalamnya sudah meninggal dunia, dengan tujuan untuk menghormati orang yang bersangkutan. Banyak yang tidak tahu, bahwa novel Memang Jodoh ini termasuk novel klasik yang di dalamnya memuat kisah asli dari Marah Rusli sendiri. Perjuangannya dalam melanjutkan pendidikannya dan perjuangan kisah cintanya dengan istri yang berasal dari latar belakang budaya berbeda.

 

Adat Minang yang Kental 

Marah Rusli sendiri merupakan anak kebanggaan asal Minang, keluarganya begitu menjaga adat istiadat yang berlaku. Banyak sekali aturan yang meski ia patuhi, salah satunya adalah tidak boleh menikah dengan wanita yang berasal dari suku lain, tapi ia melanggar semua adat istiadatnya tersebut untuk mengejar cintanya kepada seorang wanita asal tanah pasundan. Sungguh cinta sejati sekali, yaa!

 

Kisah Menarik

Novel Memang Jodoh juga mengangkat isu pendidikan. Hamli–karakter utama dalam novel terbaru ini–harus melanggar semua aturan adat istiadat untuk merantau demi menuntut ilmu. Tak hanya sampai di situ, ketika Hamli memutuskan menikahi seseorang dengan latar belakang budaya berbeda, ia harus siap dibuang oleh adat dan keluarga besarnya demi cinta. Bahkan Marah Rusli sendiri tidak pernah menginjakkan kembali kakinya di tanah kelahirannya sampai tutup usia.

 

Gimana? Kisah novel klasik yang satu ini menarik banget, kan? 😊 

 

[Siti Farihatur/Content Writer Mizanstore]

 

Share

share icon share icon share icon
Artikel Terpopuler